KULINER BLUSUKAN TERKONDANG DI JOGJA

Mlampah –mlampah.com /// Tempat yang terkesan sembunyi dan blusukan tidak menyurutkan peminat dan pecinta kuliner jika cita rasa sudah tertambat di lidah. Tidak peduli seberapa blusuknya tempat, tetap saja pengunjung tidak jera untuk terus datang. Rasa yang telah teruji dan layanan yang bersahabat mungkin adalah kunci larisnya kuliner ini. Meskipun terselip di gang-gang kecil, namun tetap dicari.

1. Gudeg Pawon

Gudeg yang menjadi makanan khas yogyakarta ini banyak sekali di jumpai di kota budaya ini. Tapi tidak banyak yang puya rasa khas seperti gudeg yang berdiri sejak 1985 ini mempunyai tempat yang unik sesuai namanya,..yaa gudeg pawon. Uniknya jajan di tempat ini seperti layknya kaman dirumah sendiri, pegambilan lauk nya langsung masuk ke dapur. Gudeg Pawon menyajikan gudeg basah dengan sambel krecek pedas dan lauk ayam kampung. Gudegnya yang gurih serta ayam kampungnya yang empuk dan cenderung tidak terlalu manis, membuat gudeg ini banyak digemari wisatawan.

Jl. Janturan 36-38, Warungboto, Yogyakarta. Telp. 0852 2847 0264

gudeg pawon

2 Lele mangut mbah Marto

mangut-etcMangut Lele Mbah Marto ini konsepnya mirip dengan Gudeg Pawon, jadi menu makanan akan langsung dihidangkan langsung di dapur. Suasana yang klasik dan sederhana membuat kita berasa makan di kampung halaman tepatnya di rumah Kakek/Nenek kita di kampung. Jika anda bosan dengan suasana yang formal, anda wajib mencoba kuliner yang satu ini. Rasa mangut lele mbah marto ini juga tentu sudah tidak diragukan lagi, dijamin bikin ketagihan.

Dusun Ngireng-ireng, Saraban, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Telp. 089 623 047 222

 

 

 

3. Sambel Welut Pak Sabar

Olahan belut diramu dengan pedasnya sambal bawang disini memang sudah membuat para penikmat kuliner pedas ketagihan untuk mencobanya. Tak heran jika tempat ini meski letaknya ‘mblusuk’ tetpa dicari oleh para pemburu kuliner yang datang dari berbagai daerah. Menu nya memang terlihat sederhana, namun rasanya dijamin istimewa.

Jl. Imogiri Barat Km 6,5 Dokaran, Yogyakarta. Telp. 0828 2753 770

Yogya-backpacker_Mangut_lele_5

4. Bakmi Jawa Mbah Mo

bakmi-pak-peleMungkin banyak yang sudah mendengar dengan ke populeran Bakmi Jawa Mbah Mo namun belum mengetahui lokasi persisnya. Memang Bakmi Jawa Mbah Mo sudah terkenal di seantero Yogyakarta, bahkan mungkin sampai keluar. Memang kalau bicara bakmi jawa enak di Jogja, Mbah Mo lah salah satu icon nya. Pelanggannya tidak cuma masyarakat biasa, namun juga banyak artis yang datang untuk menikmati kuliner bakmi Jawa yang satu ini.

Desa Code, Trirenggo, Bantul, Yogyakarta. Telp. (0274) 418 676

5. Bakmi Jawa Mbah Gito

Mungkin inilah satu – satunya warung bakmi jawa yang desain interiornya sangat arstistik. Menyerupai kandang sapi, warung ini juga dihiasi dengan berbagai macam hasil pertanian dan terkesan sangat kental dengan budaya Jawa. Pilar – pilar dengan kayu kuno membuat warung ini semakin terasa istimewa. Tak heran jika warung bakmi jawa Mbah Gito ini menjadi favorit untuk nongkrong dan berlama – lama di sini.

Jl. Nyi Ageng Nis, Peleman, Rejowinangun, Yogyakarta

1926048warunggg5780x390